Blog

HomeARTIKELRUANG TAMU

RUANG TAMU

 

RUANG TAMU

Ruang tamu tentu menjadi salah satu ruangan yang penting dalam sebuah rumah hingga penataannya perlu diperhatikan. Namun, seringkali yang menjadi masalah ketika sedang ingin menata ruang tamu yakni terkesan monoton apalagi dengan terbatasnya ruangan.

Walau ruang tamu di rumah sempit, namun bukan berarti kehilangan kesempatan untuk memiliki sebuah ruangan yang nyaman dan fungsional. Selain perlu memerhatikan furnitur ruang tamu yang cocok,kita bisa menciptakan dan menata ruang tamu sederhana menjadi lebih luas dan nyaman.

Cara Menata Ruang Tamu yang Sempit

Furnitur apa yang harus dipilih dan di mana seharusnya diletakkan? Artikel ini akan membagi tips menata ruang tamu yang sempit agar terasa lebar dan nyaman. Sehingga ruang tamu jadi lebih maksimal dengan menata letak furnitur khusus untuk ruang tamu yang sempit. Langsung saja kita simak satu per satu.

1. Gunakan Cermin dan Wallpaper

Ruang tamu yang sempit, terutama jika dasar jendelanya (jendela kaca) rendah, bisa jadi terasa agak lega. Pertama-tama, bersihkan kaca jendela agar kinclong dan bersih. Buatlah titik fokus yang menjadi perhatian utama di ruang tamu, tingkatkan cahaya dengan memasang lampu yang terang, tempel wallpaper di dinding dan gantung cermin di bagian dinding yang berseberangan dengan jendela kaca. Jika ruang tamu kamu memungkinkan kamu untuk memposisikan cermin di seberang jendela, ruangan menjadi terasa lebar dan lega. Cermin yang digantung di dinding akan memantulkan tampilan luar ruangan dan memberi kesan seperti jendela tambahan.

Tips menata ruang tamu minimalis: Sandarkan sofa panjang di dinding ber-wallpaper dan apit sofa tersebut dengan sepasang meja lampu duduk agar serasi. Sebuah divan anyaman yang besar bisa difungsi sebagai meja tamu atau sebagai kursi tambahan jika sedang banyak tamu di rumah. Jadi, sebisa mungkin carilah divan anyaman cantik tanpa taplak untuk dijadikan meja ruang tamu. Jika masih cukup ruang, bisa menambahkan dua kursi tambahan (berukuran kecil) di seberang sofa panjang.

2. Gunakan Perabotan Tembus Pandang

Manfaatkan perabotan yang terbuat dari bahan tembus pandang seperi bahan akrilik atau lucite yang kuat. Sebisa mungking hindari kaca biasa yang mudah pecah, karena pada ruang tamu yang sempit, perabotan-perabotan cenderung lebih mudah tersenduh dan tergeser hingga jatuh atau rubuh. Perabotan yang terbuat dari bahan tembus pandang, secara visual memberi kesan tidak memakan ruang. Misalnya meja tamu atau meja samping kamu terbuat dari bahan akrilik, dan yang lebih keren lagi, jika bisa membuat lemari built-in yang terbuat dari akrilik. Selain secara visual terkesan tidak memakan ruang, raung tamu minimalis kamu juga jadi terlihat cantik, elegan, unik dan menarik.

3. Lemari Build-In

Agar tidak terlalu banyak perabotan yang memakan ruang seperti rak buku, lemari hias, dan lain sebagainya, kamu bisa menggantinya dengan sebuah lemari built-in ramping dan tinggi yang melekat di dinding ruang tamu. Tinggi yang ideal untuk ruang tamu minimalis mulai dari lantai hingga menyentuh plafon. Disarankan lemari built-in yang dikustomasi atau disesuaikan dengan benduk dan kondisi ruang tamu. Buatlah sebuah lemari built-in yang bisa difungsikan sebagai lemari hias sekaligus dilengkapi dengan laci-laci besar dan kecil sebagai tempat penyimpanan barang-barang seperti buku atau majalah, TV LCD, fas foto, fas bunga, dll.

4. Tambahkan Laci Tersembunyi

Pilihlah furnitur yang memiliki laci atau tempat penyimpanan barang yang tersembunyi agar ruang tamu tidak jadi sumpek. Divan yang ada laci atau tempat penyimpanan barang-barang kecil sangat cocok untuk ruang tamu minimalis. Di batas pinggir ruang tamu, cobalah taruh lemari kecil untuk menambah tempat penyimpanan barang ketimbang menaruh meja konsol yang memakan tempat.

5. Pilihlah Furnitur Berukuran Kecil

Di ruang tamu, biasanya lebih banyak perabotan daripada meja dan kursi atau sofa. Oleh karena itu, jika kamu harus menambah furnitur ke ruang tamu minimalis, carilah perabotan berukuran kecil di toko-toko furnitur. Seiring waktu dan perkembangan zaman, banyak toko-toko furnitur memprioritaskan menjual perabotan berukuran kecil. Karena saat ini, apalagi di perumahaan di kota, ukuran ruang tamu dan kamar biasanya minimalis.

Tips menata ruang tamu yang kecil: Letakkan sofa berbentuk letter L yang panjang di sudut ruang tamu dengan meja berbentuk peti yang ada lacinya sebagai meja kopi. Dua kursi kursi mungil ditempatkan berseberangan dengan sofa setelah meja tamu berbentuk peti.

6. Perkecil Ukuran Sofa

Jika ururan ruang tamu sangat minimalis, sofa ukuran penuh kurang cocok. Sebagai gantinya, cobalah taruh loveseat yang langsing atau sofa mungil. Pilih bentuk sofa atau loveseat yang permukaannya lurus dan kaki terbuka agar terkesan lebih lega.

Cara menata ruang tamu minimalis sederhana: Sebuah sofa kecil ditempatkan di tengah ruangan/tempat terbuka, menghadap ke salah satu sisi dinding yang didandani dengan berbagai hiasan dinding. Ditambah dengan satu kursi dan ottoman berlapis yang berfungsi ganda, bisa dijadikan kursi tambahan jika sedang banyak tamu.

7. Cobalah Sofa Tanpa Punggung

Di tempat terbuka, lebih cocok menaruh sofa tanpa punggung di tengah ruangan. Jadi ada juga jenis sofa yang tidak harus bersandar ke dinding. Jika menaruh sofa berpunggung di tengah ruangan kecil dapat membuat ruang tamu terkesan sempit. Oleh karena itu, sofa tanpa punggung adalah alternatif terbaik dan dapat ditempatkan di kedua sisi ruangan dengan kesan tetap lega. Cukup satu saja bila ukuran ruangan terbatas. Dan jika kamu ingin menggunakannya di ruangan yang lebih besar suatu hari nanti, sofa tanpa punggung dapat difungsikan sebagai pembagi antara dua tempat duduk atau sebagai meja tamu.

8. Isi Salah Satu Sudut Ruangan Sepenuhnya

Ide ini agak berlawanan dengan intuisinya, tetapi dengan menaruh sebuah furnitur beukuran besar di salah satu sudur ruang tamu kecil bisa jadi terkesan lebar. Mengapa? Misalnya, menaruh sofa sectional yang biasanya jika ukurannya diakumulasikan tergolong panjang, cocok untuk ditempatkan di sudut ruangan karena bentuknya letter L. Selain itu, karena sofa sectional panjang, dapat menampung lebih banyak tamu dan duduk pun lebih nyaman. Sectional modern dengan permukaan dudukan yang lurus dan tidak terlalu gemuk lebih cocok di tempatkan pada ruangan kecil daripada versi yang terlalu empuk.

Tips menata ruang tamu yang kecil: Sofa sectional dirancang khusus untuk ditempatkan di sudut ruangan, ditambah sepasang bangku lipat dengan bahan kulit asli ditata membentuk sebuah tempat yang cocok untuk berbincang-bincang dengan tamu. Isi sisa ruang dengan beberapa jenis kursi kecil tambahan jika memungkinkan.

9. Gunakan Furnitur yang Multifungsi

Pada ruang tamu berukuran kecil, setiap perabot harus ada manfaatnya. Contohnya menggunakan ottoman yang berfungsi sebagai meja kopi atau bisa juga dijadikan sebagai tempat duduk tambahan. Ottoman bisa juga dijadikan sebagai meja hias samping yang dapat dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan atau dijadikan bangku kecil serbaguna.

Trik menata ruang tamu yang sempit: Sebuah sofa ramping tanpa punggung ditempatkan agak jauh dari dinding. Ditambah dua ottoman besar yang rendah, sekaligus berfungsi ganda yang bisa digunakan sebagai meja dan kursi.

10. Perhatikan Bagian Atas

Jika ruang tamu sempit tapi langit-langitnya tinggi, manfaatkan ruang vertikal tinggi tersebut. Memang ruang vertikal tidak dapat membantu menambah ruang untuk menaruh kursi tambahan. Tetapi melirik ke atas dapat membantu ruang tamu minimalis terkesan lebar dan tampak lebih indah. Isi ruang vertikal tersebut dengan berbagai seni seperti lukisan, foto-foto cantik, atau hiasan dinding lainnya.

Itulah tadi beberapa cara menata ruang tamu yang sempit agar nyaman dan terlihat lebar. Kamu bisa mempraktekkannya sesuai dengan bentuk dan ukuran ruang tamu minimalis kamu. Semoga bermanfaat!

 

Salam Cantik dari Kami
Poteh Ireng
Head Office : Ruko Orchard Park Blok E16, Batam Centre

Phone : 0778-4168258 ,Fax: 0778-4168258

HP : 0819 6000 002 / 0856 6850 8410

email : potehirengcoid@gmail.com
www.potehireng.co.id

POST A COMMENT